Lexus Hoverboard : Skateboard Melayang Yang Jadi Kenyataan

Perhatikan, Hoverboard melayang..!!
Melawan gravitasi dengan melayang sudah jadi bahan penelitian selama bertahun-tahun ilmuwan. Manusia menjejak di tanah karena pengaruh gaya gravitasi (medan magnet bumi). 
Sebagai mana kita ketahui jika medan magnet berbeda akan saling tarik menarik, sedangkan medan magnet yang sama akan saling menolak.


Sukar dipercaya, Hoverboard ini bisa meluncur dan mengambang
Papan hoverboard melayang selama bertahun-tahun adalah berita hoax, isapan jempol dan gurauan film fiksi ilmiah. Lalu pada 2015 papan ini sungguh tercipta nyata...WOW 
Sekali lagi Anda ulang membacanya, ini bukanlah berita hoax. Papan melayang ini benar-benar nyata sekarang !!


Para skater, penasaran mencoba hoverboard

Para peniliti memerlukan setidaknya 2 tahun untuk melakukan desain riset, pemilihan material, uji coba, uji beban, dan test di lintasan yang telah dirancang. Masih ga percaya kan?


Cerita dibalik kisah sukses Lexus Hoverboard 

Bagi yang belum faham. Hoverboard merupakan sebutan skateboard tanpa roda, dan melayang di atas tanah (floating) tanpa ada energi jet atau "sayap" yang membuatnya terbang. Dia benar-benar melayang tanpa menyentuh tanah.

Ini sulit dipercaya tapi benar-benar keren, apa yang terlihat di video merupakan area lintasan magnetik yang tersembunyi (Barcelona Skate Park) dan disetting khusus oleh Lexus untuk Hoverboard ini.
Riset dan percobaan
Apakah ini terlihat seperti tipuan?,tipuan yang sangat rumit. Untuk melawan medan magnet bumi dan tetap "mengambang" adalah hal yang sulit, kalau pun bisa alat itu akan terpelintir balik dan kembali jatuh ke lantai. Dan peneliti menciptakan super-conductor sebagai solusinya.

Super-conductor merupakan material yang jika di-dinginkan maksimal akan membuat partikel (elektron) bergerak bebas di dalamnya tanpa hambatan. 

Elektron adalah semua medan magnet negatif dalam suatu benda. 

Diperlukan 2 superkonduktor untuk "mengusir" medan magnet sehingga membuat suatu benda melayang dan tidak terjatuh.


Struktur Hoverboard dan Lintasannya

Lexus hoverboard telah ditest beban s/d 70 kg untuk tetap bisa mengambang dan meluncur) bahkan dia bisa mengambang sempurna diatas kolam air, tanpa terjatuh. Bagaimana menurut kamu? keren kan... bisa melintas di kolam loh.. :)



Referensi

http://www.whitedust.net
Share on Google Plus

About Ari Cahyono

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Posting Komentar